'/> 8 Panduan Cara Edit Video Di Pc Dengan Movie Maker Terbaru

Info Populer 2022

8 Panduan Cara Edit Video Di Pc Dengan Movie Maker Terbaru

8 Panduan Cara Edit Video Di Pc Dengan Movie Maker Terbaru
8 Panduan Cara Edit Video Di Pc Dengan Movie Maker Terbaru
Membahas wacana cara edit video di PC memang tak ada habisnya, mulai dari tehnik edit video yang sederhana sampai yang rumit tiruananya sanggup dilakukan di PC / Laptop. Kebanyakan film film modern dikala ini ibarat film bergenre action, scifi atau fantasy tentu tak lepas dari video editing terutama untuk menambahkan akhir akibat tertentu ibarat pada teknologi CGI.

Sedangkan untuk dasar dasar edit video di PC kita sanggup memulai untuk mencar ilmu merangkai foto menjadi video slideshow, memotong video / cropping, menambahkah teks / subtitle di video, menghilangkan bunyi pada video, menggabungkan beberapa video, menambahkan audio / bunyi pada video, dan lain sebagainya.

Lalu aplikasi / software apa yang sanggup dipakai untuk edit video ? Ada aneka macam software yang sanggup dipakai salah satunya yaitu Windows Movie Maker, software ini yaitu bawaan Windows kalau anda masih belum mempunyai software ini sanggup diunduh gratis di situs resmi microsoft.com atau situs lain yang menyediakan link download Movie Maker. Pastikan juga anda download versi terbarunya alasannya yaitu mempunyai fitur ludang keringh banyak.

PANDUAN DASAR EDIT VIDEO DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER


1. MEMBUAT VIDEO SLIDESHOW

Video slideshow merupakan video hasil rangkaian foto. Berikut cara membuatnya dengan Movie Maker :

1. Klik Add Videos and Photos, kemudian masukkan beberapa gambar / foto sehingga nanti akan ibarat pada gambar dibawah ini.


2. Agar ludang keringh menarik anda sanggup menambahkan video transisi / animasi, klik pada foto kemudian pilih Animations, lalukan hal yang sama pada foto yang lain.


3. Jika sudah pribadi saja save.


2. MEMOTONG DURASI VIDEO

Selanjutnya yaitu memotong durasi video. Jika anda mempunyai video yang berdurasi panjang kemudian ingin memotongnya maka langkahnya sebagai diberikut :

1. Masukkan video dengan klik Add Videos and Photos.

 2. Klik Video Tools > letakkan kursor / mouse pada durasi video kemudian klik Set Start Points untuk menimbulkan awal video.

3. Ulangi langkah diatas kemudian klik Set End Point untuk menimbulkan sbg final video. Save kalau sudah.



3. MENGGABUNGKAN BEBERAPA VIDEO JADI SATU

Anda juga sanggup menggabungkan beberapa video sekaligus walaupun berbeda format. Misalnya kita menggabungkan 3 video dengan format berbeda video 1 flv, video 2 wmv dan video 3 mp4. Caranya cukup masukkan videonya dengan klik sajian Add videos and Photos kemudian save ibarat halnya dalam menciptakan video slideshow pada klarifikasi nomor 1 diatas.

4. MENAMBAHKAN TEKS / TULISAN DI VIDEO

Ada 3 jenis teks yang sanggup dimenambahkan disini, pertama Title (Teks yang muncul diawal video), Caption (Teks yang muncul dalam video), dan Credits (Teks yang muncul pada final video). Berikut cara menambahkan teks di video dalam bentuk Caption :

1. Masukkan Video anda ke Movie maker, kemudian klik Caption, kemudian akan muncul goresan pena Enter Text Here, silahkan masukkan goresan pena anda, sanggup juga mengatur posisi tulisan, font, warna, dan akhir tulisan.


2. Berikut tumpuan hasilnya....


3. Selanjutnya yaitu mengatur durasi tulisan, klik Text Tool, kemudian ubah pada Start Time dan Text Duration. Save kalau sudah selesai.


Untuk Title dan Credit cara membuatnya sama, hanya saja posisi goresan pena Title berada diawal video sementara Credit berada di final video.

5. MEMBUAT EFEK DI VIDEO

Ada beberapa akhir video yang sanggup diterapkan pada video sehingga menciptakan video menjadi ludang keringh menarik contohnya video menjadi bergelombang, blur, berputar 360 derajat dan masih banyak lagi. Pilih sajian Visual Effect untuk memdiberikan akhir pada video, anda juga sanggup menggabungkan beberapa akhir menjadi satu.



6. MENGGANTI SUARA PADA VIDEO

Jika ingin mengganti bunyi bawaan video dengan audio anda sendiri diberikut langkah langkahnya :

1. Masukkan video (Add Videos and Photos), masukkan juga file audio / bunyi (Add Music), kemudian di timeline Movie Maker akan ada 2 file yakni file video di serpihan atas dan file audio dibawahnya.


2. Agar audio sanggup terdengar, kita harus membisukan / mematikan bunyi pada bunyi bawaan video yang asli. Caranya klik Video Tools > Video Volume > buat volume mengecil / geser ke kiri. Save kalau sudah selesai.


7. MEMBUAT VIDEO INTRO

Apa itu Video Intro ? Video intro atau pembuka merupakan video durasi pendek (beberapa detik) yang berada di awal video. Jika anda sering nonton Video Youtube disana akan aneka macam video video yang ada intronya. Khusus untuk video intro ini, saya sudah menciptakan dalam bentuk artikel terpisah, lihat : Membuat Video Intro di Movie Maker.

8. MEMBUAT WATERMARK VIDEO DENGAN TEKS

Membuat watermark teks pada video sanggup kita lakukan memakai Moviemaker. Cara menciptakan watermark teks sebetulnya sama saja dengan menambahkan teks di video memakai pilihan Caption. Selanjutnya gunakan teks berukuran kecil dan posisikan teks pada pojok video, jangan lupa untuk menciptakan durasa teks sama panjangnya dengan durasi video


Itulah 8 cara edit video di PC dengan memakai Windows Movie Maker. Panduan diatas merupakan panduan dasarnya saja. Anda sanggup bereksperimen sendiri dengan menggabungkan beberapa cara diatas untuk mendapat hasil video editing yang ludang keringh unik dan menarik. Semoga berkhasiat.
Advertisement

Iklan Sidebar